Setiap Orang Mempunyai Jalan Kehidupan dan Masa Depan yang Berbeda-beda

Photo by Taylor Nicole on Unsplash
Photo by Taylor Nicole on Unsplash

Sering kali gua mendapatkan banyak komentar dan juga pendapat orang-orang tentang membanding-bandingan kehidupan seseorang dengan kehidupan orang lain. Seperti membandingkan kehidupan orang lain yang dulunya susah, sekarang hebat, yang dulunya dibully, sekarang dia terkenal, yang dulunya ngak dianggap, sekarang dia sangat dihormati. Dan setelah orang lain mendengar hal tersebut, sering kali banyak orang berkomentar bahwa pilihan dan jalur yang orang sukses itu miliki sangatlah benar. Memang kita harus mendapatkan suatu hal positif dari kesuksesan orang. Tetapi banyak juga orang yang tidak berpikir panjang dan langsung membanding-bandingan orang lain dengan orang sukses tersebut, dan menganggap bahwa usaha apa yang kita lakukan itu tidak sebanding dengan apa yang orang sukses itu lakukan. Dan kita juga sering dianggap kalah bersaing karena kita tidak sebidang dengan orang sukses tersebut.

Sekarang, gua mau kasih tau sama kalian. Setiap orang mempunyai jalan kehidupan dan juga masa depan yang berbeda-beda. Kita ngak bisa membandingkan orang satu dengan orang yang lain. Setiap orang mempunyai latar belakang dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Mungkin satu orang tersebut mempunyai tanggung jawab yang besar sejak kecil, sedangkan orang yang satunya lagi dari kecil mendapatkan manjaan tanpa ada tanggung jawab. Jadi setiap orang itu ngak bisa dibanding-bandingkan, mau didalam bidang apapun. Ngak ada yang mau kan ketika misalnya lu seorang profesor ataupun pekerja kantor dan lu dibilang sama orang lain bahwa lu itu kalah sukses dengan seorang aktor ataupun penyanyi. Statement kaya begitu sangat-sangat ngak ada tujuannya. Maksudnya apa itu LOL.

Setiap orang memang berlomba, tetapi mereka berlomba terhadap diri mereka sendiri. Mereka berada dijalur mereka dan mereka mempunyai kompetisi kehidupan tersendiri. Kalau kita ingin menggali setiap latar belakang orang, begitu banyak orang-orang yang mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda. Bagaimana bisa, jika tanggung jawabnya saja sudah berbeda, lalu kita membanding-bandingkan kesuksesan dia dengan kita. Itu sesuatu pikiran yang sangat tidak pintar dan hanya membuat sesuatu pikiran pesimis.

Ngak mungkin dong seorang admin kantoran di samakan dengan aktor pemain film. Dari awal dan bidangnya saja sudah beda, bagaimana bisa kita membandingkan bahwa aktor film itu lebih baik dibanding seorang admin kantoran. Belum tentu juga seorang aktor tersebut mengerti tentang pekerjaan si admin kantoran itu. Dan meskipun bidangnya sama (aktor sama aktor, admin kantor dan admin kantor) kita ngak bisa membandingkan, karena mereka mempunyai kelebihannya masing-masing, tetapi setiap lembaga dan juga lingkungan pastinya mempunyai kebutuhan kelebihan dan juga penolakan kelemahan. Tetapi sekali lagi, kita ngak bisa berpatokan kesuksesan kita terhadap status seseorang.

Kalian ngak usah pesimis, hidup kita ini hanya kita yang tahu, hanya kita yang punya. Hidup kita ini ya hidup kita, ngak ada sangkut pautnya ataupun patokannya terhadap kehidupan orang lain. Mungkin sekarang mereka sudah hebat, dan kita masih seperti biasa, tetapi kita jangan berpatokan kepada mereka yang hebat. Cukup tau aja dan lupakan. Fokus terhadap kehidupan kita yang sekarang ini.

Kita akan berjuang, terkecuali dari papan nilai. Terus berjuang tanpa ada rasa pesimis. Jika kita jatuh, kita hanya butuh bangkit. Ngak perlu melihat papan nilai ataupun berkompetisi, kita bisa mengetahui apa yang hidup kita butuhkan dan inginkan, dari situ kita bisa mengejar ketertinggalan kehidupan kita dari umur kita, bukan berpatokan ataupun berkompetisi terhadap kehidupan orang lain yang latar belakang dan tanggung jawabnya saja sudah berbeda.

Tetap berusaha dengan bijak dan juga positif. Hindari dengan menggunakan cara-cara brengsek dan juga tidak terpuji. Karena kehormatan lebih besar daripada keberhasilan. Jika kalian mempunyai pertanyaan, opini dan komentar, tulis aja dibawah dengan kalimat yang sopan dan juga logis. Mungkin kalian mempunyai pengalaman ataupun sesuatu hal yang perlu dikatakan. Just write it !

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s